Powered By Blogger

Kamis, 24 April 2014

Kewirausahaan

Kewirausahaan (Entrepreneurship) berasal dari bahasa Perancis  yang berarti Perantara. Atau jika di jabarkan lagi, Kewirausahaan memiliki arti sebuah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kewirausahaan memiliki 3 jenis prilaku, yaitu:
·         Memulai inisiatif
·         Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
·         Diterimanya resiko dan kegagalan


Wirausahawan di dunia modern muncul pertama kali di inggris pada masa revolusi akhir diabad ke 18. Seorang wirausahawan juga harus memiliki kunci penting yaitu, Inovasi. Berikut karakter-karakter seorang wirausahawan menurut MC Clelland
·         Keinginan untuk berprestasi
·          Keinginan untuk bertanggung jawab
·         Preferensi kepada resiko-resiko menengah
·         Persepsi kepada kemungkinan berhasil
·         Rangsangan oleh umpan balik
·          Aktivitas energik
·         Orientasi ke masa depan
·         Keterampilan dalam pengorganisasian
·         Sikap terhadap uang

Sebelum meluncurkan usaha baru, seorang wirausahan harus memiliki sumber gagasan yang harus di pertimbangkan. Yaitu sebagai berikut

Sumber Gagasan Bagi Produk dan Jasa Baru 
·         Kebutuhan akan sumber penemuan
·         Hobi atau kesenangan pribadi
·          Mengamati kecenderungan-kecenderungan
·          Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
·          Mengapa tidak terdapat ?
·          Kegunaan lain dari barang-barang biasa
·          Pemanfaat produk dari perusahaan lain 


Analisa Pulang Pokok
Analisa pulang pokok merupakan suatu teknik untuk menentukan volume penjualan yang harus dicapai, agar tercapai posisi impas / pulang pokok (perusahaan tidak mendapat laba tapi juga tidak menderita rugiAnalisa Pulang Pokok adalah proses menghasilkan informasi yang mengikhtisarkan berbagai tingkat keuntungan dan kerugian yang berkaitan dengan berbagai tingkat produksi
Unsur dasar analisa pulang pokok :

·         Biaya tetap
·         Biaya variable
·         Biaya total
·         Pendapatan total
·         Keuntungan
·         Kerugian
·         Titik pulang pokok

Waralaba (Franchise)
pengertian
Franchise sendiri berasal dari bahasa latin yakni francorum rex yang artinya “bebas dari ikatan”, yang mengacu pada kebebasan untuk memiliki hak usaha. Pengertian Franchising (Pewaralabaan) adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa . Secara sederhana, benang merah waralaba adalah penjualan paket usaha komprehensif dan siap pakai yang mencakup merek dagang, material dan pengolaan manajemen. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terlibat dalam franchising. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Jenis-jenis waralaba
·     Waralaba luar negeri/asing adalah waralaba yang berasal dari luar negeri, jenis waraaba ini cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Contohnya : McDonald’s, Kentucky Fried Chicken, Bread Talk, Starbucks, Pizza Hut, dll.
·       Waralaba dalam negeri adalah waralaba yang berasal dari dalam negeri, jenis wara laba ini juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.contoh wara laba local : Primagama, Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Edward Forrer, Bogasari Baking Center dan berbagai nama lainnya.


Pemasaran Langsung (Direct Market)
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah metode penjualan di mana penjual mendekati pembeli secara langsung dengan produk atau jasa. Bentuk pemasaran langsung yang paling umum adalah penjualan melalui telepon, email, media cetak (misalnya, katalog, brosur) atau pemasaran berjenjang.

  • Teknik alternatif pemasaran langsung

o   Periklanan terklasifikasi
o   Periklanan display
o   Kiriman pos langsungKatalog penjualan
o   Pemasaran tanggapan langsung media







Bentuk-Bentuk Kepemilikan
Bentuk kepemilikan perusahaan :
·         Pemilikan tunggal / perseorangan : (firma)
o   Dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang
o   Pemilik tidak perlu membagi laba
·         Kongsi
o   Ada perjanjian tertulis
o   Dimiliki 2 orang atau lebih
o   Umur perusahaan terbatas
o   Pemilikan bersama atas harta
o   Ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba
·         Perusahaan Perseroaan
o   Perusahaan dengan badan hokum
o   Kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang dimiliki
o   Pemilikan dapat berpindah tangan
o   Eksitensi relatif lebih stabil/permanen
Alternatif penyelesaian kepailitan :
·         Likuidasi
·         Reorganisasi
·         Rescheduling


sources

Tidak ada komentar:

Posting Komentar