Powered By Blogger

Sabtu, 28 Maret 2015

Komunikasi Bisnis

Komunikasi

Pengertian komunikasi diekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio", yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih. Dalam kehidupan kita selain menjadi makhluk individu, kita juga sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan interaksi dengan orang lain. Nah dari interaksi itulah terjadi sebuah komunikasi untuk menyampaikan sesuatu, saling bertukar pendapat dengan orang lain untuk mencapai sebuah tujuan. tentunya komunikasi di butuhkan oleh semua makhluk hidup. karena tanpa adanya komunikasi, lantas bagaimana kemudian kita dapat menyampaikan apa yang ada difikiran kita kepada orang lain?

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, komunikasi  ialah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami. berikut jenis jenis komunikasi menurut KBBI

-- dua arah komunikasi yg komunikan dan komunikatornya dl satu saat bergantian memberikan informasi;
-- formal komunikasi yg memperhitungkan tingkat ketepatan, keringkasan, dan kecepatan komunikasi;
-- massa Kom penyebaran informasi yg dilakukan oleh suatu kelompok sosial tertentu kpd pendengar atau khalayak yg heterogen serta tersebar di mana-mana;
-- sosial komunikasi antarkelompok sosial dl masyarakat.


Bisnis

Bisnis nampaknya memang hal yang hampir bisa dilakukan oleh setiap orang. apalagi di jaman yang serba tekhnologi seperti sekarang ini. jika dulu orang kerap menganggap untuk melakukan bisnis diperlukannya tempat untuk menjalani bisnis itu sendiri. namun untuk saat ini, nampaknya tekhnologi telah merubah pendapat seperti itu. lalu apa sebenarnya arti dari bisnis? 
Bisnis menurut Hooper bahwa bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.

Komunikasi Bisnis

Dalam melakukan bisnis perlu adanya komunikasi, dan sebaliknya di dalam suatu bisnis pasti adanya komunikasi yang membuat bisnis tersebut dapat berjalan. apa jadinya jika kita berbisnis namun kita tidak berkomunikasi dengan parthner bisnis kita? jadi bisa dikatakan bahwa komunikasi dan bisnis merupakan dua hal saling berkaitan satu sama lainnya.
komunikasi yang dilakukan dalam bisnis pun kita perlu memahami komunikasi seperti apa yang dibutuhkan. pengertian komunikasi bisnis sendiri menurut menurut Purwanto ialah, Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. (Purwanto, 2006:4)
Pada dasarnya, ada dua bentuk dasar komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Masing-masing dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut. (Purwanto, 2006:5-8)
  1. Komunikasi Verbal. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral). Bentuk komunikasi verbal ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik. contoh: Membuat dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan, Membuat dan mengirim surat pengumuman ke media massa.
  2. Komunikasi Nonverbal. Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal. Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. contoh: Mengerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berpikir keras.
"komunikasi bisnis, merupakan hal mutlak yang membuat bisnis dapat berjalan. karena pada dasarnya suatu bisnis berjalan minimal oleh 2 orang atau lebih. dalam komunikasi bisnis tidak hanya diperlukan komunikasi verbal namun komunikasi nonverbal juga dapat membantu kelancaran suatu bisnis. seperti apa yang telah di jelaskan di atas. komunikasi yang baik dapat berdampak baik pula pada bisnis"




sources

  • http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html#_
  • http://mbegedut.blogspot.com/2011/06/pengertian-komunikasi-bisnis-menurut.html
  • http://www.seputarpengetahuan.com/2014/08/100-macam-pengertian-komunikasi-menurut.html
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar