Latar Belakang
Kekayaan Indonesia akan
sumber daya alamnya memang sudah menjadi rahasia umum. Kekayaan alam yang
menjadi salah satu kebanggaan Indonesia adalah kepulauan dan lautan. Usaha yang
akan kami kembangkan ini akan memanfaatkan kekayaan alam yang di miliki
Indonesia tersebut, karena usaha kami ini akan hadir di salah satu pulau yang terletak
di kepulauan seribu, yaitu pulau Tidung.
Di pulau ini kami akan
menghadirkan rumah makan yang tidak lain mengandalkan kekayaan laut sebagai
olahan utamanya, Yaitu makan-makan laut (seafood). Rumah makan kami ini tidak
hanya sekedar rumah makan seafood pada umumnya. Kami memiliki konsep yang
berbeda, konsep rumah makan kami adalah selain memanjakan lidah para
pengunjung, kami akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk membawa
pulang handicraft khas pulau tidung dengan cara makan terlebih duhulu. Dan yang
lebih menyenangkan, handicraft tersebut adalah hasil tangan pengunjung sendiri. Kami akan menyediakan bahan-bahan
bagi para pengunjung untuk membuat handicraft yang nantinya bias di jadikan
souvenir khas pulau tidung.
Pengunjung akan mendapatkan
kesempatan tersebut dengan memesan makanan dengan minimal order sebesar 150rb.
Semakin besar jumlah pesanan maka bahan-bahan untuk pembuatan handicraft akan
semakin unik dan berbeda.
Hadir nya rumah makan kami
ini diharapkan akan menjadi tempat kunjungan wajib bagi para pengunjung pulau.
Karena pengunjung akan benar-benar merasakan kebanggaan tersendiri atas souvenir
yang mereka buat, terlebih lagi souvenir tersebut didapatkan dengan modal yang
tidak kalah asik yaitu dengan cara memanjakan lidah dengan sajian makanan laut
khas pulau tidung.
1.
Manfaat
Usaha
a.
Manfaat Ekonomi
Usaha
restoran dalam tempat rekreasi memang sudah di kenal akan hasil yang
menjanjikan, karena keuntunga yang yang di peroleh dari makanan mentah yang di olah
menjadi makanan siap saji cukup besar. dan tidak hanya itu karena kami memberikan
penawaran untuk para pengunjung yaitu mereka akan mendapatkan pernak-pernik
atau handycraft yang mereka olah sendiri. Mereka akan mendapatkan nya apabila
membeli makanan kami minimal 150ribu untuk semua meni. Dan pihak pengelola
tidak hanya memikirkan keuntunggan di satu pihak. Tetap tamu lah sebagai raja
yang akan diutamakan ke puasan nya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan.
b.
Manfaat Sosial
1)
Bagi pemilik
Usaha
restoran ini di harapkan akan menarik banyak pelanggan para pecinta makanan laut. Pemilik
berharap usaha rumah makan ini akan memperoleh keuntungan yang sesuai.
Namun di samping itu pemilik juga berharap dengan menjalankan usaha rumah makan
ini akan menambah pengalaman berbisnis. Serta menambah kolega bisnis yang akan membantu
bisnis-bisnis lain si pemilik.Serta dapat menjadi pembelajaran dalam
menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh
seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan
menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2)
Bagi
masyarakat
Dengan
adaya restoran ini manfaat bagi masyarakat sekitar pulau tersebut yaitu pengangguran akan sedikit berkurang karena restoran
yang akan kami bangun ini akan membutuhkan tenaga kerja. tidak hanya itu kami
juga akan bekerja sama dengan nelayan-nelayan sekitar. Karena bahan yang kami
butuhkan berasal dari laut yang nelayan cari.
3)
Rumusan Masalah
a) Bagaimana tips untuk membuka restoran yang baik dan benar serta tidak merugi.
b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis
yang semakin ketat saat ini.
c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan
dalam berbisnis restoran
2.
Visi, Misi dan Tujuan
a.
Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul, berbeda dan berkesan.
Menciptakan sebuah usaha yang unggul, berbeda dan berkesan.
b.
Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
c.
Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
3.
Produk
Produk andalan yang kami tawarkan ialah berbagai
olahan makanan laut sebagai menu utama dan aneka buah-buahan sebagai menu
penyegar, seperti:
Ø Olahan utama
1.
Kepiting
2.
Kerang
3.
Udang dan Lobster
4.
Cumi
5.
Ikan bawal
6.
Bawal Bintang
7.
Gurameh
8.
Kerapu
4.
Analisis SWOT
Adapun
analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
·
Faktor Internal
a. Strengths
ü
Rumah makan kami menjanjikkan pelayanan yang baik.
ü
Kualitas rasa pada menu utama sangatlah di utamakan.
ü
Untuk rasa pedas, kami telah sediakan pilihan level sesuai selera.
ü
Olahan menu kami di jamin tidak pasaran.
ü
Pembuatan handicraft akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
ü
Kreatifitas dan imajinasi pengunjung akan tersalurkan dengan baik dengan
adanya pembuatan handicraft.
b. Weakness
ü
Faktor
tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya
kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
ü
Faktor kenaikann dari harga
sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
·
Faktor Eksternal
a. Opportunities (peluang atau kesempatan)
ü
Makanan laut memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia, khususnya di
Jakarta. terlebih lagi lokasi kami yang memang memilih pulau tidung. Suasana
laut akan menjadi pendukung yang handal untuk mencicipi hidangan hasil laut
ini.
ü
Dengan adanya pembuatan handicraft ini akan menjadi daya tarik bagi
pengunjung, karena pengunjung akan merasa bangga membawa pulaung souvenir khas
pulau tidung yang tidak lain mereka sendiri lah yang membuatnya. Nantinya
mereka akan berbagi pengalaman tersebut kepada keluarga, kerabat serta teman.
b. Threats (Ancaman)
ü Melihat dari bnyaknya permintaan masyarakat dalam
mengkonsumsi makanan makanan terutama rumah makan seafood, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup
banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen
kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan
terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam
menjalankan usaha ini dengan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk
yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan
pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha
ini.
c. Rencana usaha
1. Rencana
jangka pendek
Usaha bisnis rumah makan
yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman
kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat
meningkatkan, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk
kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2. Rencana
jangka menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami
kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran
menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.
Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama
dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini
akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha
kami, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media
yang lainnya.
3. Rencana jangka panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan para pemasok makanan laut dan pernak-pernik untuk pembuatan handicraft. kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan para pemasok makanan laut dan pernak-pernik untuk pembuatan handicraft. kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
5.
Analisis pasar dan pemasaran
·
Target pasar
Restoran
ini akan dibangun di area pariwisata pulau tidung. Area ini memang sudah dikenal sebagai tempat parawisata. situasi ini akan
lebih mudah pihak kami dalam menarik konsumen. karena biasanya para wisatawan
akan mengunjungi tempat makan yang dekat dengan tempat yg mereka kunjungi. segmentasi
pasar kami yaitu para pengunjung yang mengunjungi pulau tidung.
·
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di
sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat
membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan
tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan
menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara
mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
·
Sasaran pembeli
Karena pada dasarnya makanan laut
memang relatif agak mahal. target kami ialah masyarakat menengah keatas. namun
bukan berarti masyarakat menengah ke bawah tidak bisa bergabung menjadi
konsumen kami. dalam kata lain, rumah makan kami tidak menutup kemungkinan
untuk menerima konsumen menengah ke bawah. harga yang kami tawarkan mulai dari
Rp 30.000 - Rp 200.000.
6.
Strategi Pemasaran
·
Dari mulut ke mulut
Promosi
ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak
biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman
kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak
langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila
usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan
memberitahukan kepada orang lain untuk menyicipi olahan makanan laut di rumah makan kita.
·
Dengan media Internet
Selain
promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll.
Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga
masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
·
Pengembangan Pasar
Selain
melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga
mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas
jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha seafood dan handicraft ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha
ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan
serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang
baru.
·
Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini ialah dengan
memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menuangkan kreatifitas dan
imajinasi mereka.kami juga tentunya akan membuat menu utama andalan yang tidak
akan di temui konsumen di rumah makan seafood lainnya.
·
Langkah-langkah
promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
ü Pada saat musim liburan,
pengunjung akan dapat kesempatan untuk memperoleh potongan harga makanan serta
beberapa menu gratis dengan cara mengambil undian di dalam “Opportunity
Akuarium”
ü setiap minggu pertama di setiap
bulannya. bagi konsumen yang berulang tahun akan di berikan voucher makan
sebesar Rp 300.00. dengan syarat harus membawa orang yang sedang berulang tahun
serta menunjukkan ktp orang tersebut.
7.
Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Cita rasa produk
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Cita rasa produk
Cita
rasa menjadi andalan rumah makan kami. kami akan menciptakan kekayaan rasa sehingga
tidak ada rasa puas di benak konsumen ketika menyantap hidangan di rumah makan
seafood kami.
2. Tempat usaha
Tempat
usaha yang kami rintis ialah ditempat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung yang berlibur
3. Pengawasan kualitas
3. Pengawasan kualitas
Dalam
mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh
konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari
terhadap kualitas maupun kuantita dari bahan-bahan makanan kami. Agar para
konsumen tidak
mendapatkan produk yang tak layak
jual dan makan.
4. Marketing Promosi
4. Marketing Promosi
ü
Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan
beberapa elemen Sumber Daya.Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun
Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
ü
Pemasok
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan
baik, maka kami melakukan kerjasama dengan pemasok makanan laut, buah-buahan
dan sayur-sayuran , sehingga bahan-bahan yang kami butuhkan mudah didapatkan.
pemasok yang kami maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang kami butuhkan
dalam pengolahan menu kami.
ü
Tenaga kerja
Dalam bisnis ini memiliki tenaga kerja yang memang
sudah biasadengan dunia masak memasak. karena tentunya bisnis rumah makan sangat
lah berkaitan dengan bumbu-bumbu dan berbagai olahan. selain itu tenaga kerja
yang kami butuhkan juga orang yang cepat dalam bergerak. misalnya ketika di
tempatkan di posisi pemesanan.
ü
Masyarakat sekitar
Selain
SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan
penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga harus memiliki hubungan
baik dengan masyarakat setempat, karna apabila kita tidak mempunyai hubunga
baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal
yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus
mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
8.
Analisis
aspek finansial
1. Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
1. Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
·
Ikan bakar
ü Bawal bintang 90k/kg
ü Baronang 80k/kg
ü Krapu 60k/kg
ü kue 70k/kg
ü Bawal hitam 50k/kg
ü Udang jumbo bakar 85k/kg
·
Kepiting
ü Kepiting saus padang 80k/kg
ü Kepiting saus tiram 80k/kg
ü kepiting lada hitam 80k/kg
ü kepiting masak asap 80k/kg
ü kepiting asam manis 80k/kg
ü kepiting saus mentega 80k/kg
·
Udang
ü Udang telur asin 45k/kg
ü Udang saus padang 35k/kg
ü Udang masak cabe 40k/kg
ü Udang lada hitam 35k/kg
ü Udang rebus 15k/rebus
·
Kerang
ü Kerang dara rebus 10k/porsi
ü Kerang kepa tauco 20k/porsi
ü Kerang bambu lada hitam 25k/porsi
ü keram hijau saus padang 20k/porsi
ü kerang macan rebus 30k/porsi
·
Macam-macam sayuran
ü Cah kangkung polos 10k/porsi
ü Cah kangkung seafood 15k/porsi
ü Cah kangkung tauco 15k/porsi
ü Toge ikan asin 15k/porsi
ü Daun dewa 15k/porsi
·
Aneka minuman
ü Kelapa jeruk 10k
ü Kelapa muda 10k
ü Es teh manis 4k
ü Es teh tawar 3k
ü teh hangat tawar 2k
ü teh hangat manis 3k
ü Jus alpukat 10k
ü Jus melon 10k
ü Jus sirsak 10k
ü Jus mangga 10k
ü Kelapa kopyor 15k
2. modal awal
ü
kursi 100k/Lusin
ü
meja 5000000k
ü
CCTV 3JT
ü
Wastafel 2JT
ü
Sapu 20k/batang
ü
Pel-pelan 20k/batang
ü
Sabun cuci tangan 50k/dus
ü
Sabun Superpel 50k/dus
ü
Sabun colek 30k/dus
ü
Tisu 70k/dus
ü
Kecap 40k/dus
ü
Saus 40k/dus
ü
Tusukan gigi 25k/dus
ü
Piring 100k/lusin
ü
Sendok 70k/lusin
ü
Wajan 100k/buah
ü
Oven 3JT
ü
Alat bakaran 5JT
ü
Komputer 4JT
ü
Gelas 100k/lusin
ü
Areng 100k/karung
3. Rincian belanja
sehari-hari
ü
Cabe 50k/kg
ü
Gula pasir 200k/karung
ü
Gula merah 200k/karung
ü
Bawang putih 70k/Kg
ü
Bawang merah 80k/kg
ü
Es batu kristal 15k/karung
ü
KElapa batok 300k/500buah
ü
Minyak wijen 250k/dus
ü
Minyak inggris 250k/dus
ü
Blueband 300k/dus
ü
Minyak sayur 300k/drijen
ü
Kepiting 400k/kwintal
ü
Udang 200k/kwintal
ü
Kerang 150k/kwintal
ü
Ikan 300k/kwintal
ü
Kangkung 5k/iket
ü
Toge 5k/iket
ü
Daun dewa 5k/iket
9.
Metode pelaksanaan program
·
Metode
pengumpulan data
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
·
Survei bahan
baku
Bahan baku sangat penting dalam usaha kuliner, karena
tanpa tersedianya bahan baku, sudah pasti usaha ini tidak akan berjalan lancar,
salah satu faktor yang mendukung usah ini ialah bahan baku, maka dari itu kami
membagi tugas untuk survei dan menjalin kerja sama dengan salah satu pemasok makanan
laut maupun pemasok sayur, buah dan lain lain yang dibutuhkan.
·
Sosialisasi
kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan lidah konsumen dan berbeda dari makanan laut lainnya, untuk tahap awal kami memberi secara cuma-cuma kepada orangbyang memiliki cita rasa tinggi dalam kencicipi makanan dan pelanggan 5 orang pertama. Setelah mendapat respon yang bagus baru kami berani mengembangkan usaha rumah makan ini, tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen tentang kandungan gizi makanan laut dan manfaat nya bagi tubuh manusia.
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan lidah konsumen dan berbeda dari makanan laut lainnya, untuk tahap awal kami memberi secara cuma-cuma kepada orangbyang memiliki cita rasa tinggi dalam kencicipi makanan dan pelanggan 5 orang pertama. Setelah mendapat respon yang bagus baru kami berani mengembangkan usaha rumah makan ini, tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen tentang kandungan gizi makanan laut dan manfaat nya bagi tubuh manusia.
10. Penutup
Demikian proposal bisnis yang kami buat. bisnis usaha
yang bergerak di bidang kuliner dan souvenir ini saya harapkan akan terealisasi
dengan baik. terimakasih kepada Allah SWT karena berhak karunia dan arahmatnya
lah saya dapat menyelesaikan proposal ini. dan kepada rekan-rekan kami. yang
telah mmbantu kami dalam mencari menu serta dafrat harga yang telah tertera di
atas.
proposal uasaha yang berisikan segala macam mengenai
perencanaan usaha yang telah kami susun sedemikian rupa, semoga dapat
terealisasikan di kemudian hari. dan semoga rumah makan “Seafood Imaji” yang saya harapkan ini tidak hanya memberikan
keuntungan bagi saya selaku pemilik. namun juga dapat di rasakan bagi seluruh
lapisan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar